Jumat, 29 Juni 2012

Museum Seni Rupa dan Keramik


Beberapa bulan yang lalu saya mengunjungi kawasan kota tua. Saya mengunjungi Museum Seni dan keramik yang terletak di Jalan Poskota No.2, Jakarta Barat, kawasan yang masuk dalam kawasan kota tua. Gedung museum megah dan jumawa. Ia bersebelahan dengan Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), dan berhadapan dengan museum wayang yang megah. Bangunan yang ber Anno 1870, adalah dibangun oleh seorang arsitek Belanda bernama Jhr.W.H.F.H VanRaders. Dahulu gedung ini dipergunakan sebagai Rad van Yustitie atau kantor pengadilan dan dipakai pertama kali pada tahun 1881 pada saat Batavia diperintah oleh Gubernur Jenderal PICTER MICJER.
Tatapan mata saya pertama kali tertuju kepada pilar-pilar Doria bangunan itu, yang mengingatkan kita pada jaman Romawi kuno, dimana atap-atap dari bangunan yang berfungsi strategis, historis dan kadang berbau politik. Dibuat dgn megah dan kokoh.
Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki koleksi yang dapat menggambarkan kepada kita tentang keberadaan seni rupa Indonesia sejak zaman kuno hingga masa kini, yaitu foto-foto sejarah peninggalan masa lampau ditahun 4000 sebelum Masehi. Keramik temuan prasejarah dari daerah Buni dan Bekasi ditahun 1500 SM, lukisan Bali pada masa Jepang.
Berbagai ragam keramik local yang dihasilkan oleh para pengrajin daerah diseantero nusantara, bisa kita nikamti pula. Dengan menyaksikan keramik-keramik local itu, pikiran mata batin saya, diajak mengembara ke sentra-sentra keramik di daerah seperti Klampok di Jawa Tengah, Batu di Malang, Singkawang di Kalimantan, Kasongan di Yogya dll.
Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki fasilita seperti gedung yang terdiri dari ruang pertemuan/aula serta taman yang dapat dimanfaatkan untuk acara-acara tertentu. Terdapat juga perpustakaan, took cinderamata,dan fasilitas umum seperti mushola dan toilet.
Demikian cerita saya tentang Museum Seni Rupa dan Keramik yang terdapat di kawasan kota tua. Mudah-mudahan info yang saya berikan tentang tempat tersebut bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar